AFSOON 2019, Mahasiswa Baru Resmi Menjadi Keluarga FTP UJ

JEMBER, Manifest – Mahasiswa angkatan 2018 Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (FTP UJ) merayakan inaugurasi pada Sabtu (15/06) di double way FTP UJ dengan tajuk An FTP Awesome Generation (AFSOON). Acara ini digelar dari sore hingga malam hari dengan menghadirkan dua bintang tamu yaitu DLR dan DJ Berlin Bintang. Terdapat juga bazaar, kuis, serta berbagai penampilan traditional dance, dance, band dari Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian (UKM-K) Dolanan FTP UJ dan Unit Kegiatan Paduan Suara Mahasiswa (UK-PSM) Symphony Choir FTP UJ.

Menurut Yuli Wibowo selaku Wakil Dekan III (WD III) FTP UJ, acara inaugurasi ini merupakan penutup dari rangkaian kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (P2MABA) 2018 lalu sebagai pengukuhan mahasiswa baru angkatan 2018. “Ini adalah acara puncaknya, awal bagaimana nanti mahasiswa mulai untuk mengembangkan diri,” ucapnya saat melakukan sambutan. Yuli juga berharap untuk kedepannya apabila ada kegiatan serupa bisa terlaksana lebih baik lagi karena mahasiswa sudah memiliki pengalaman praktis dari acara ini.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FTP UJ Rendra Lebdoyono menyampaikan bahwa terdapat banyak kendala yang dihadapi selama proses persiapan. Sehingga dari beberapa mahasiswa ada yang sampai tidak mengikuti perkuliahan demi mempersiapkan acara ini. “Banyak sekali yang tidak mengikuti kuliah karena persiapan acara,” ucapnya. Karena hal tersebut, Rendra mengungkapkan bahwa sempat ada keraguan dari pihak BEM sebagai pendamping atas berlangsungnya acara ini. Namun akhirnya acara ini dapat terlaksana juga.

Muhammad Akbar Manggala Aji L. selaku Ketua Panitia menyatakan bahwa kepanitiaan sudah dibentuk lima bulan sebelum acara. Tapi persiapan bersih acara ini hanya sekitar tiga bulan. Menurutnya, kepanitiaan mengalami banyak kesulitan dalam komunikasi dan koordinasi. Namun karena acara ini sudah menjadi budaya FTP, mahasiswa angkatan 2018 sebagai orang baru harus menjaga budaya itu. “Kalau misalkan status kita masih mahasiswa baru, kita belum menjadi keluarga FTP,” jelas Manggala. Dirinya menambahkan bahwa mahasiswa angkatan 2018 ingin dikukuhkan, dirangkul menjadi keluarga di FTP.

Menurut Haris Bakhruddin salah satu pengunjung, waktu diselenggarakannya acara kurang tepat karena dilaksanakan pada akhir semester menjelang liburan. “Karena waktunya akhir-akhir ini dari FTP sendiri banyak tugas-tugas,” paparnya. Haris juga menyarankan untuk inaugurasi selanjutnya agar bisa dilaksanakan di awal atau pertengahan semester genap karena kemungkinan masih belum terlalu banyak terkendala tugas kuliah. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *