Peringati Hari Bumi, MPA Khatulistiwa Gelar Bersih-Bersih di Lingkungan FTP

JEMBER, Manifest – Mahasiswa Pencinta Alam Khatulistiwa (MPA Khatulistiwa) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember (UJ) mengadakan acara bersih-bersih kampus FTP pada Minggu (21/04). Acara ini diadakan untuk memperingati hari bumi ini dan termasuk dari rangkaian acara Dies Natalis MPA Khatulistiwa. Acara Dies Natalis MPA Khatulistiwa merupakan kegiatan dalam rangka memperingati hari lahir MPA Khatulistiwa yang ke 20 tahun pada tahun 2019.

Khoirul Ali selaku Ketua Panitia menjelaskan acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Organisasi Mahasiswa (Ormawa)  FTP yaitu Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Manifest, Unit Kegiatan Mahasiswa Olahraga (UKM O) Sahara, dan tentunya anggota MPA Khatulistiwa. Ada pun beberapa titik lokasi FTP yang dibersihkan yaitu sekitar gedung Workshop Jurusan Teknik Pertanian, tempat parkir motor mahasiswa, makara, dan sebelah barat gedung A  FTP.  Sampah-sampah yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diangkut menggunakan truk dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). “Sangat penting untuk menjaga kebersihan dan keindahan FTP dengan cara membersihkan sampah-sampah yang berserakan agar FTP lebih bersih dan indah”, ujarnya. Khoirul juga menyarankan untuk pengadaan tempat sampah baru organik dan anorganik sehingga sampah terurai dapat diolah dan digunakan untuk pupuk sementara yang tidak bisa terurai dipisahkan untuk dibuang ke TPA.

Zaidan Karomi selaku Ketua Umum MPA Khatulistiwa menjelaskan acara tersebut dilakukan agar warga FTP sadar menjaga lingkungan FTP terutama membersihkan sampah plastik. Hal ini dikarenakan sampah plastik sulit terurai. “Oleh sebab itu, untuk pihak fakultas mohon dibuatkan tempat sampah besar dan sesuai pada tempatnya. Agar sampah-sampah tidak ditumpuk di sudut yang bukan sebenarnya untuk membuang sampah seperti di dekat makara”, ujarnya. Zaidan juga menginginkan agar Ormawa ikut gerak dan saling menjaga kebersihan bukan di dalam ruangan saja tapi di luar area sekretariat juga.

Dewi selaku perwakilan dari ormawa FTP menyarankan untuk lebih sering lagi mengadakan acara seperti ini sebab acara ini bagus dan baik untuk FTP, ”Agar FTP terlihat bersih terutama di sekitar sekretariat jadi tidak hanya mengandalkan orang fakultas”, jelasnya. Namun Dewi juga menginginkan agar ormawa FTP juga ikut berpartisipasi ke depannya agar FTP lebih bersih. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *