HIMAGIHASTA Adakan Bedah Buku Hasil Kerjasama Dosen dan Mahasiswa

Jember, Manifest – Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (HIMAGIHASTA) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember mengadakan acara bedah buku di Ruang 1 Gedung D FTP pada Senin (04/02). Dua buku yang dibedah yaitu Teknologi Pengolahan Komoditi Hulu Rempah dan Buku Teknologi Pangan Lokal Terfermentasi. Kedua buku tersebut merupakan buku ajar hasil karya salah satu dosen jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) Nurhayati dengan bantuan beberapa mahasiswa THP.

HIMAGIHASTA mengundang empat orang pembicara sebagai pembedah buku. Dosen THP yaitu Ahmad Nafi dan wartawan Radar Jember yaitu Narto menjadi pembedah untuk buku Teknologi Pangan Lokal Terfermentasi. Sementara Wakil Dekan II sekaligus dosen THP Herlina dan Sekretaris Jurusan sekaligus dosen THP Sih Yuwanti menjadi pembedah untuk buku Teknologi Pengolahan Komoditi Hulu Rempah. Acara bedah buku ini juga turut dihadiri Dekan FTP yaitu Siswoyo Soekarno dan 48 orang peserta yang berasal dari mahasiswa THP FTP Universitas Jember.

Ketua Panitia Roy Widhi mengatakan tujuan kegiatan ini adalah sebagai launching dua buku ajar dan memberikan edukasi kepada mahasiswa THP tentang pangan lokal yang ada di Indonesia, salah satunya rempah-rempah. “Hal yang tertera pada buku ajar ini juga merupakan mata kuliah di THP sehingga dapat memberikan pengetahuan bagi yang belum menempuh mata kuliah itu dan mereview kembali bagi yang telah menempuh mata kuliah itu,” tambah Roy.

Nurhayati berharap bahwa acara bedah buku ini dapat memotivasi para dosen dan mahasiswa untuk ikut berkarya lewat menulis. “Saya ingin dosen lain dan mahasiswa juga bisa termotivasi menulis dan membuat buku ajar. Tapi untuk menulis sebuah buku ajar itu harus seorang pengajar atau dosen, untuk mahasiswa yang ingin mencoba bisa dengan menjadi asisten dan membantu dalam penulisan tersebut.” Jelas Nurhayati.

Fifi sebagai salah satu mahasiswa THP yang turut berkontribusi dalam pembuatan buku ini sangat mengapresiasi acara bedah buku yang diselenggarakan. “Saya dan teman-teman senang banget karena salah satu tugas perkuliahan kita bisa bermanfaat dan dibukukan dalam bentuk buku ajar yang nantinya bisa jadi salah satu buku pendukung buat belajar tentang ilmu pangan.” Ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *