Menyuarakan Aspirasi Mahasiswa Lewat Gelaran Open Talk

JEMBER, Manifest – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) beserta tiga Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (FTP UJ) menggelar acara Open Talk pada Jumat (27/8). Acara yang mengangkat tema “Suarakan Aspirasi Untuk Kualitas Edukasi” ini diselenggarakan di Gazebo Serba Guna (Gazena) FTP UJ. Kegiatan kali ini dihadiri Dekan, Wakil Dekan (WD) II  dan III, Sekretaris Jurusan Teknik Pertanian dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha serta seluruh mahasiswa aktif FTP UJ.

Siswoyo Soekarno selaku Dekan FTP UJ mengapresiasi digelarnya acara ini. Menurutnya Open Talk sebagai ajang komunikasi antara mahasiswa dengan dekanat, sehingga antar ke dua pihak dapat diperoleh kesepahaman. “Tidak boleh ada sesuatu yang bersifat menyalahkan, kalo ada yang salah harus digali benarnya.” Ungkapnya.

Siswoyo juga menambahkan semestinya dari perwakilan peserta dapat mempersiapkan topik yang akan dibahas sebelumnya. Tujuannya agar dekanat dapat langsung memberikan gambaran topik yang dimaksud dan juga menghemat waktu. Ia juga mengaku akan segera menindaklanjuti aspirasi mahasiswa jika sifatnya untuk kebaikan bersama. “Bisa segera ditindaklanjuti.” Pungkasnya.

Fajar Bahari selaku Ketua BEM FTP UJ menjelaskan tujuan diadakannya acara ini untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa terkait permasalahan yang ada di FTP. Ia juga juga berharap dengan terselenggarakannya acara ini dapat diperoleh solusi dengan saling menyatukan pemikiran. “Dibicarakan disini agar menjadi suatu pemahaman, bisa dirembukin disini masalahnya bagaimana, penyebabnya, dan solusi gimana.” Jelasnya. Fajar menekankan kegiatan ini pada intinya menyatukan pemikiran untuk menyelesaikan masalah.

Bustani Pakartiko sebagai Ketua Panita Open Talk mengaku acara kali ini tidak berjalan sesuai yang diharapkan. “Kalau alurnya gak sesuai rencana, soalnya menunggu pihak dekanat sampai satu setengah jam. Rencana awal dari jam dua siang mulai biar estimasi pertanyaan lebih banyak.” Ungkapnya. Selain itu Bustani mengharapkan acara Open Talk ini dapat digelar secara rutin. “Semisal diadakan tiga bulan sekali seperti kata Dekan FTP juga bagus.” Tukasnya.

Moch Yusuf Irvanto

Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian FTP UJ 2015. Saat ini aktif sebagai staff redaksi LPM Manifest FTP UJ 2017-2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *