Hanya Diikuti Satu Paslon, KPUM tetap Adakan Orasi Capres-Cawapres BEM

  • 3
    Shares

JEMBER, Manifest – Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) gelar Orasi Calon Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (FTP) UJ) pada Rabu (08/02) di ruang 2 gedung D FTP UJ. Orasi ini mengagendakan penyampaian visi dan misi dari satu-satunya pasangan calon (paslon) presiden BEM FTP UJ yakni Muhammad Fajar Bahari dan Muhammad Edo Jamal M.

Rangkaian acara pada Orasi Calon Presiden BEM kali ini adalah pembukaan, pembacaan ayat suci Al-quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan ketua KPUM, pembacaan doa, orasi calon presiden dan wakil presiden BEM, dan terakhir diskusi. Dalam kegiatan orasi dan diskusi tersebut dipimpin oleh M. Muhaimin dari program studi Teknologi Industri Pertanian angkatan 2014 selaku moderator.

Dalam orasinya, paslon Fajar-Edo ini menganggap mahasiswa FTP saat ini mengalami krisis kepedulian,  bahwa kepedulian tersebut harus mulai ditingkatkan dengan  hal-hal sederhana semisal bersih-bersih bersama. Pasangan calon ini juga menjanjikan BEM yang akan lebih aktif dalam memfasilitasi kepentingan mahasiswa dengan pihak dekanat ataupun oramawa dengan dekanat.  “Karena kami adalah student government dan bukan teacher government, maka kami 100% akan mendukung kegiatan mahasiswa ” tambahnya.

Muhammad Saka Palwaguna YST selaku Ketua umum KPUM menyayangkan sedikitnya peserta yang hadir dalam acara orasi tersebut. Menurut ketua KPUM mereka sudah gencar melakukan kegiatan promosi agar peserta yang datang menjadi banyak baik melalui surat undangan ormawa, pamflet dan sosial media. “Untuk peserta yang tadi eskpektasi saya ruangan itu tidak cukup, karena sudah diinfokan lewat pamflet dan undangan, jadi tidak sesuai ekspektasi saya,” tambahnya.

Dalam acara ini tidak terlihat pula perwakilan dari pihak dekanat ataupun demisioner dari presiden BEM periode sebelumnya. Menurut keterangan dari ketua KPUM hal ini memang disengajakan, pihak dekanat akan diundang saat pelantikan presiden BEM dan Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) terpilih. Selanjutnya ketua KPUM menerangkan agenda lanjutan dari orasi ini yaitu pemilu raya. “ Setelah orasi ini masih diajukan tentang E-vote nanti akan segera dikabarkan kapan pelaksanaannya.” Lanjut Saka.

Salah seorang mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian angkatan 2015 Taufik Ari Hidayat juga menyayangkan sedikitnya peserta yang datang, menurutnya acara seperti ini penting untuk kemajuan FTP sendiri juga mahasiswa. Terhadap pandangannya pada pasangan calon ini, taufik memiliki optimisme yang tinggi. “ Saya yakin mereka adalah pasangan calon yang terbaik dan mampu membawa mahasiswa FTP untuk lebih maju lagi seperti visi misi yang disampaikan tadi,” ungkap Taufik. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *