Tindakan Sepihak BEM FTP UJ

JEMBER, Manifest – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (BEM FTP UJ) mengambil keputusan sepihak dalam pembentukan panitia Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Presiden BEM diberi mandat dari kemahasiswaan FTP UJ melaksanakan seleksi wawancara untuk mahasiswa angkatan 2014 dan 2015 yang mendaftar sebagai panitia PKKMB pada Selasa (27/9). Mandat tersebut juga diberikan kepada Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF), Ketua Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (Himagihasta) dan Ketua Ikatan Mahasiswa Teknik Pertanian (Imatekta).

“Dari sekitar 80 mahasiswa yang mendaftar diambil 58 yang lolos seleksi,” kata Kasang selaku Presiden BEM FTP UJ. Kasang juga menambahkan bahwa dari 58 mahasiswa yang lolos seleksi sudah sesuai dengan kebutuhan. “Kebutuhan untuk panitia mahasiswa yaitu 70, 12 dari delegasi ormawa dan 58 dari seleksi wawancara,” tambahnya.

Kasang mengatakan bahwa mekanisme seleksi panitia dibagi menjadi empat kelompok. Masing-masing penanggung jawab yaitu Presiden BEM, Ketua BPMF, Ketua Himagihasta, dan Ketua Imatekta menyeleksi satu kelompok dengan wawancara. “Masing-masing penanggung jawab setelah wawancara mengumpulkan nama-nama yang terseleksi dan diploting bersama,” tungkas Kasang.

Dari hasil ploting tersebut terjadi penumpukan panitia terpilih di beberapa divisi yang tidak membutuhkan panitia banyak. Kasang mengatakan bahwa berdasarkan hasil ploting panitia kekurangan di divisi yang membutuhkan panitia banyak seperti divisi instruktur. Melihat kondisi tersebut ia mengubah susunan kepanitiaan dan menempel susunan panitia dan divisi di mading FTP UJ sekaligus menjadi pengumuman panitia PKKMB terpilih pada Rabu (28/9) tanpa ada koordinasi dengan penanggung jawab yang lain.

Kasang mengatakan bahwa alasannya mengubah susunan tanpa ada koordinasi karena dari kemahasiswaan menuntut cepat selesai dan PKKMB sudah dilaksanakan lagi pada Sabtu (1/10). “Dari BPMF dan HMJ juga tidak ada masalah untuk ini dan oke-oke saja,” tambahnya.

Yusuf Ali Fauzi selaku Ketua Himagihasta sangat menyayangkan perubahan susunan panitia sepihak yang dailakukan Kasang. Yusuf mengatakan bahwa sesama penanggung jawab seharusnya menyusun tanggung jawab bersama tanpa ada keputusan sepihak yang dilakukan oleh Kasang. “Awalnya Kasang bilang akan mendiskusikan kembali tentang kekurangan dan kelebihan di masing-masing divisi dan tiba-tiba sudah ada pengumuman yang jadi panitia PKKMB,” tambahnya.[]

Amien Rosyadi

Lahir di Pasuruan 27 Maret 1995

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *