Mengenalkan Produk Pangan Baru Melauli FTP Fair

JEMBER,Manifest – Mahasiswa angkatan 2013 Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (FTP UJ) mengadakan FTP Fair dengan tema Healthy Food Healthy Life  pada Selasa (17/5). Acara tersebut merupakan salah satu capaian dari mata kuliah Pengembangan Produk Baru (PPB). FTP Fair dibuka dengan pemotongan pita oleh Dekan FTP UJ. FTP Fair ini juga merupakan puncak atau aplikasi dari hasil kuliah yang sudah ditempuh selama 6 semester di THP khususnya di mata kuliah PPB.

Dalam acara tersebut masing-masing kelompok melaunching produk pangan baru dari mahasiswa THP angkatan 2013 yang menempuh mata kuliah PPB. Produk dari masing-masing kelompok dilombakan. FTP Fair kali ini mendatangkan juri dariAkademi Kuliner dan Patisseri, Ottimmo Internasional Surabaya dan dari PT. Mitratani Duatujuh.

Yuli selaku Dekan FTP UJ mengatkan bahwa output dari FTP Fair ini juga untuk mengasah jiwa kewirausahaan. Dari pengembangan produk dari mahasiswa itu juga diharapkan dapat membuka peluang bisnis dan tidak berhenti sampai di sini saja. “Diharapkan tidak berhenti sampai di sini hanya untuk mengampu mata kuliah ppb ini saja,” kata Yuli.

Nafi’ sebagai koordinator pengampu mata kuliah PPB berkata “Gelar produk (FTP Fair, red) ini merupakan hasil rekayasa produk pangan terkait proses dan bahannya.” Nafi’ juga mengatakan bahwa THP harus bisa merancang produk pangan dengan spesifikasinya. Rancangan yang dimaksud tidak sampai pada analisis lab tapi lebih ke teknis merancang mulai kesetimbangan massa sampai bagaimana proses produksinya dan lebih difokuskan pada sisi teknologi dan nutrisinya.

Nafi’ juga mengatakan bahwa FTP Fair ini diharapkan mahasiswa mampu menciptakan produk pangan yang lebih baik. Terutama dari segi nutrisi dan teknologi dan sensoris atau rasa yang cocok dan bisa diterima oleh masyarakat. “Ini adalah upaya yang kita lakukan dan berharap bisa berkelanjutan,” tambahnya.

Claudia selaku sekretaris FTP Fair berkata “THP 13 mengenalkan produk baru dengan kreativitas semenarik mungkin untuk bisa dipasarkan di masyarakat melalui FTP Fair.” Pengembangan produk baru ini juga kesempatan untuk mengenalkan hasil karya THP 2013 ke masyarakat. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *