Dolanan Teater Kembali Dipentaskan

JEMBER, Manifest – Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian (UKM-K) Dolanan mengadakan Dolanan Teater #2 di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Jember (UJ) pada Sabtu (14/05). Kegiatan ini mengambil tema “Terpenjara” dengan menampilkan dua naskah teater berjudul “Setan Dalam Bahaya” dan “Mak Minah” serta satu Seni Gerak Tanpa Vokal (SGTV) berjudul “Belenggu”. Dolanan Teater #2 ini dihadiri oleh perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UJ, teman-teman dari UKM dan ekskul SMA seni se-Jember, serta masyarakat umum.

Selain pementasan teater dan SGTV, Teater Dolanan #2 juga menyuguhkan pameran seni rupa yang berada di dekat pintu masuk. Pameran rupa tersebut juga mengambil tema yang sama yaitu “Terpenjara”. Pameran tersebut juga memamerkan lukisan dari kru Dolanan yang mendapatkan juara III di Pekan Seni Mahasiswa Regional (PEKSIMINAL) tingkat Universitas Jember.

Khairul Umam ketua umum UKMK-Dolanan mengatakan, “Dolanan Teater pertama diadakan dua tahun yang lalu. Sebenarnya acara ini diadakan setiap tahun, namun karena ada permasalahan akhirnya baru diadakan tahun ini.” Umam juga menjelaskan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menambah pengalaman mentas anggota UKM-K Dolanan di bidang teater. “anggota yang masih aktif ini masih minim pengalaman terutama di teater jadi untuk menambah ilmu lagi kita mengadakan Dolanan Teater,” lanjut Umam.

Kasang Heru selaku Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FTP UJ menjelaskan, “Seharusnya kegiatan seperti ini terus dikembangkan oleh teman-teman Dolanan.” Dolanan juga punya ruang baru dalam mengapresiasikan minat dan bakat. “Konsep dan penampilan yang baru dari Dolanan sangat dinantikan untuk pementasan selanjutnya,” tambahnya.

Saka salah satu penonton mengatakan bahwa pembawa acaranya kurang interaktif dan musiknya. “Tapi secara keseluruhan pementasannya bagus banget,” imbuhnya.[Ag/Pmf]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *