Meningkatkan Kesadaran Sosial Melalui Donor Darah

JEMBER, Manifest- Mahasiswa Pecinta Alam (MPA) Khatulistiwa mengadakan Donor Darah (18/2). Acara donor darah tersebut dimulai pukul 9 pagi sampai pukul 1 siang bertempat di Food Court Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (FTP UJ). Acara tersebut bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Jember untuk pendonoran darah dan distribusinya. Acara donor darah yang diadakan MPA Khatulistiwa merupakan rentetan dari kegiatan dari Dies Natalis MPA Khatulistiwa.

Muhammad Riyanto Wibowo selaku ketua umum MPA Khatulistiwa mengatakan bahwa tujuan dari acara tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran sosial akan sesama terutama di lingkungn civitas akademika FTP UJ. “Harapan dari acara ini untuk meningkatkan kesadaran akan jiwa sosial antar sesama,” tambahnya. Diharapkan juga donor darah ini bisa membantu untuk orang yang membutuhkan. Dari situ juga bisa meningkatkan jiwa sosial yang dimiliki.

Firqin selaku ketua panitia Donor Darah berkata, “Pendonor yang hadir berasal dari warga FTP UJ, mahasiswa pecinta alam se Jember dan beberapa mahasiswa dari fakultas lain di UJ,”. Total pendonor yang hadir dalam acara tersebut berjumlah 74 orang. Dengan pendonor yang lolos tes untuk donor berjumlah 50 orang dan 24 orang yang tidak lolos tes. “PMI hanya menyediakan 47 kantong darah dan 3 orang yang kehabisan kantong darah untuk donor hanya melakukan tes darah,” imbuhnya.

Tono mahasiswa FTP UJ sekaligus sebagai pendonor dalam acara tersebut mengatakan bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi pendonor maupun bagi yang membutuhkan darah. Untuk pendonor juga berguna bagi kesehatan untuk regenasi darah. “Kalau bisa acara seperti ini tetap dilakukan karena sangat bermanfaat untuk sesama terutama bagi yang membutuhkan, apa salahnya kita membantu sesama manusia,” tambahnya.[]

Amien Rosyadi

Lahir di Pasuruan 27 Maret 1995

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *