Peserta Wisuda Diarak Dengan Becak Dan Traktor

JEMBER, Manifest- Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (FTP UJ) mengadakan arak-arakan wisuda. Acara ini baru pertama kali dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) FTP UJ (11/02). Peserta wisuda dengan jumlah 29 orang, termasuk wisudawan dan wisudawati diarak dengan menggunakan becak dan traktor. Dimulai dari depan Gedung Dekanat FTP UJ hingga Gedung Soetardjo UJ.

Ahmad Karimullah selaku koordinator acara ini menjelaskan bahwa arak-arakan ini bertujuan untuk memberikan persembahan terakhir dari mahasiswa FTP dan Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) kepada wisudawan. Arak-arakan ini menurutnya juga untuk mempererat dan mensolidkan keseluruhan mahasiswa FTP dari angkatan tua sampai angkatan muda. “Yang terlibat kemaren itu semua elemen yang ada di FTP, dari angkatan 2011 sampai dengan angkatan 2015. Keseluruhan ukm ataupun ormawa mengikuti semua,” ungkap Karim. Selain itu menurut Karim arak-arakan ini juga untuk memberikan gambaran kepada seluruh masyarakat bahwa mahasiswa FTP merupakan keluarga yang erat.

Acara arak-arakan ini menurut Karim hanya dipersiapkan selama 2 hari, oleh HMJ Ikatan Mahasiswa Teknik Pertanian (Imatekta) dan Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (Himagihasta). Sehari sebelum acara dilaksanakan, dia bersama teman-teman HMJ mengadakan rapat sekaligus menentukan apa saja yang akan dilakukan pada saat acara, mulai dari meminjam traktor di Jurusan Teknik Pertanian (TEP), menyewa becak, sampai menyiapkan yel-yel untuk dinyanyikan saat arak-arakan wisuda. “Paginya kita lakukan breefing dan pada saat acara selesai kita lakukan evaluasi untuk arak-rakan kedepan yang lebih baik.” Tukas Karim.

Habib Firdhaus, wisudawan Teknologi Hasil Pertanian (THP) angkatan 2010 merasa tersanjung dengan apa yang telah dilakukan adik-adik angkatannya. Dia mengungkapkan bahwa acara arak-arakan wisudawan itu merupakan hal yang menarik dan berkesan bagi dirinya. “Di luar alay atau bersifat apapun bagi orang lain, bagi saya itu adalah hadiah yang menarik. Itu adalah hal yang keren, kita pakai traktor.” Ungkap Habib. Ia juga setuju apabila arak-arakan wisuda ini tetap terus dilanjutkan. Ia juga mengharapkan adanya inovasi lagi untuk arak-arakan selanjutnya, asalkan dilakukan dengan tertib.[]

Herman Setiawan

Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (FTP UJ) angkatan 2014. Aktif dalam organisasi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Manifest FTP UJ. Saat ini sedang menjabat sebagai Staff Redaksi LPM Manifest 2017-2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *