FTP UJ Adakan Kuliah Umum Precision Farming

JEMBER, Manifest – Jum’at (11/12) Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (FTP UJ) mengadakan kuliah umum. Sistem Informatika Pertanian dan Precision Farming menjadi topik bahasan acara tersebut, dengan pemateri Dekan FTP Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir. Kudang Boro Seminar, M.Sc. Mahasiswa yang menempuh mata kuliah mekatronika menjadi peserta wajib selebihnya mahasiswa umum dari FTP UJ. Acara berlangsung mulai pukul 13.30 sampai dengan 16.30 WIB.

Tujuan diadakannya kuliah umum tersebut menurut Kudang, agar mahasiswa mampu merubah pola pikir atau mindset masyarakat bahwa pertanian tidak hanya sekadar proses dari hulu saja dan hilir saja. Dan juga menanamkan terutama pada mahasiswa bahwa pertanian presisi dapat dilakukan dengan bantuan ilmu teknologi (IT) dengan hasil yang lebih akurat. Sistem pertanian presisi merupakan sistem pertanian hulu sampai hilir dengan metode presisi dan bukan pada pengamatan secara umum dan kasar. Pertanian presisi berbasis fakta (data), ilmu pengetahuan. Tidak menggunakan perkiraan, kebiasaan, pengalaman, intuisi dan asumsi semata. “Presisi dapat dilakukan dengan sistem informasi” tambahnya.

Kudang juga menjelaskan bahwa kondisi saat ini engineer hanya menyediakan alat atau teknologi. Mahasiswa teknologi pertanian dituntut untuk mengedukasi masyarakat melalui teknologi bukan hanya menyediakan teknologi. Cara mengenalkan teknologi ke masyarakat harus dengan rekayasa sosial. “Melihat masalahnya dulu baru jual solusi bukan alat” imbuhnya.

Sahlul salah satu peserta kuliah umum bertanya, “dengan teknologi yang bisa dibilang rumit, bagaimana cara mengenalkannya kepada masyarakat?”.

Kondisi saat ini banyak teknologi yang ditemukan menjadi sia-sia karena terlalu rumit untuk diterapkan masyarakat dan tidak bisa atau tidak tahu cara mengenalkannya.

Amien Rosyadi

Lahir di Pasuruan 27 Maret 1995

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *