Mahasiswa Bertambah, Ruang 1 Disekat

JEMBER, Manifest– Ruang kuliah gedung D Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember (FTP UJ)mengalami penyekatan. Ruangan kelas besar yang semula digunakan sebagai aula kini mengalami penyekatan menjadi 2 ruang kelas. Ida Bagus, selaku Pembantu Dekan (PD) II FTP UJ menjelaskan hal tersebut dilakukan agar bisa menampung kuota mahasiswa yang kian bertambah, sembari menunggu pesetujuan terkait pembangunan gedung baru TIP dan Pasca Sarjana. “Yang penting tidak mengubah fungsi ruang, sebagai aula juga sebagai ruang kelas.” Jelasnya. Ida bagus juga mengungkapkan penyekatan ruang 1 dilakukan dengan tujuannya agar dapat menjadi ruang yang multifungsi, sebagai aula dan ruang kelas. “Penyekatan ruang ini bertujuan agar perkuliahan bisa berjalan normal.” Tambahnya.
Hal tersebut juga didukung oleh pernyataan Bambang Supiyanto selaku kepala Tata Usaha (TU) FTP UJ, bahwa dengan meningkatnya jumlah mahasiswa maka membutuhkan tambahan ruang kuliah. “Dengan meningkatnya penerimaan mahasiswa baru  yang dulu hanya 280 sekarang ini menjadi 343 mahasiswa, maka dibutuhkan ruang kuliah yang berkapasitas 40 sampai 60.” Jelasnya. Bambang juga menjelaskan bahwa penyekatan ini sudah direncanakan jauh-jauh hari, sebelum penerimaan mahasiswa baru 2015. Pengerjaan penyekatan tersebutdilakukan pada saat libur semester genap yang lalu. “Penyekatan dilakukan dalam jangka panjang, selain ruang 1 juga telah direncanakan  penyekatan untuk ruang 4 dan juga sudah direncanakan untuk membangun gedung baru disebelah mushola untuk menambah jumlah kelas” imbuhnya.
Muhaimin (TIP 2014), ikut berkomentar dengan adanya penyekatan ruangan. Menurutnya, masih ditemukan kekurangan di dalam penyekatan ruang ini, seperti saat waktu perkuliahan suasananya kurang kondusif karena tidak adanya peredam suara. Selain itu, fasilitas di dalam kelas terutama ruang kelas 12 tidak memadai, karena masih belum tersedia proyektor di dalam kelas. Sehingga apabila mahasiswa lupa untuk meminjam proyektor ke bagian perlengkapan sebelumnya, terpaksa harus menggunakan ruangan lain. “Fasilitas-fasilitas pada ruang yang disekat mohon untuk segera diperbaiki dan dilengkapi.” Ungkap Muhaimin.
Intan aulia (THP 2015) mengatakan bahwa ia setuju dengan dilakukannya penyekatan pada ruang 1. ”Saya setuju dengan penyekatan diruang 1 namun sebaiknya sekatnya diganti yang lebih efekif karena sekat yang saat ini digunakan terkesan mengurangi keindahan ruangan.” Ungkapanya[HERMAN/ANGGI].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *