Sistem Penjurian FTP Award Perlu Diperbaiki

FTP Award yang diadakan oleh BEM FTP Universitas Jember pada tanggal 29 Maret berjalan dengan sukses. Konsep formal dengan dresscode kemeja dan dress membuat acara tersebut terkesan mewah. Selain itu, cahaya lilin di jalan menuju tempat acara semakin menjadikan suasana acara terlihat sangat eksklusif. Sama seperti pada acara penghargaan pada umumnya, FTP Award juga diisi dengan berbagai kategori. Mulai dari kategori mahasiswa dengan nilai IPK tertinggi hingga UKM terfavorit.
Pemenang dari berbagai kategori tersebut merupakan hasil penilaian dari pihak juri. Penilaian dilakukan selama 1 minggu oleh presiden BEM FTP Universitas Jember, ketua DPM dan bapak Adi selaku kepala bagian Tata Usaha. Dari sekian banyak kategori, tidak ada kategori yang diperuntukkan bagi dosen dan pihak dekanat karena membutuhkan waktu yang lama dalam penilaiannya.
Menurut Gholib Aulia, selaku panitia, sistem penilaian juri terhadap pemenang dari berbagai kategori dilihat dari berbagai aspek. Contohnya saja, pada kategori mahasiswa dengan nilai IPK tertinggi. Ada nominan dari angkatan 2014 yang memiliki nilai IPK yang sama. Dengan kategori yang sama pula, maka seharusnya keduanya merupakan pemenang kategori mahasiswa dengan nilai IPK tertinggi. Namun, pihak juri dari acara ini ternyata masih melihat dari keaktifan para nominan di bidang akademik dan non-akademiknya. Dengan penilaian tersebut, maka pemenangnya hanya ada satu saja. Bila dilihat sistem penilaian yang diterapkan, kategori yang lebih cocok adalah mahasiswa terbaik dimana sistem penilaiannya dapat dilihat dari berbagai sisi yang meliputi prestasi, keaktifan dan lain sebagainya.
Selain itu, kategori mahasiswa dengan nilai IPK tertinggi juga diperuntukkan bagi mahasiswa angkatan 2014 yang notebene masih baru menempuh pendidikannya di semester 2. Nilai yang mereka punya bukan nilai IPK yang merupakan kumulatif dari nilai IP yang mereka dapatkan. Menurut Gholib Aulia, adanya penghargaan dari kategori tersebut untuk mahasiswa angkatan 2014 ditujukan untuk memicu semangat belajar mahasiswa angkatan 2014.
Menurut bapak Siswoyo selaku Pembantu Dekan 1 FTP Universitas Jember, mahasiswa angkatan 2014 masih harus melalui banyak jalan berkerikil ketika menjalankan pendidikannya. Jadi diharapkan dapat lebih bersemangat dan menunjukkan bahwa penghargaan tersebut adalah benar. Tujuan dari pemberian penghargaan tersebut memanglah baik, namun dengan kategori tersebut maka nominan dari angkatan 2014 tidak memenuhi persyaratan dari kategori tersebut. Acara seperti ini bagus untuk dijadikan sebagai acara tahunan di FTP Universitas Jember yang dilaksanakan oleh BEM FTP, namun perlu adanya perbaikan dari berbagai sisi, khususnya berkaitan dengan sistem penilaian.[DS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *