Kolaborasi Teater Akhir Tahun di Jember

Pentas kolaborasi teater SMA se-Jawa Timur mengisi sore akhir tahun di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember. Selama tiga hari berturut-turut mulai dari Rabu kemarin (25/12) sampai Jum’at (27/12), tujuh SMA dari beberapa daerah di Jawa Timur akan mementaskan delapan naskah karya masing-masing. “Acara ini bertujuan untuk menghimpun komunitas teater dan memperkuat basis teater di Jawa Timur khususnya Jember,” kata Alan, ketua umum Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kesenian Dolanan FTP, sekaligus panitia pelaksana.
Rangkaian kegiatan kolaborasi teater SMA ini akan ditutup dengan musikalisasi puisi dan pementasan dari UKM Dolanan. “Sekitar lima UKM di Jember akan turut menyumbangkan musikalisasi puisinya,” tambah Alan.
Antusiasme para pegiat seni ini terlihat dari naskah-naskah yang dimainkan. Tak tanggung-tanggung mereka membawa properti yang menghias penuh panggung. “Panggungnya asyik banget. Digambarkan ada dua rumah, ada pagarnya, ada pohon di samping rumah, ada sangkar burung, dan kostumnya pun menarik,” kata Iping seorang penonton asal Malang.
Antusiasme peserta ini pula diapresiasi penuh oleh Jayus selaku Pembantu Dekan III FTP, “Saya melihat acara ini sungguh sangat menarik. Semoga komunitas-komunitas teater ini akan semakin besar dan kita bersama-sama memperbesar diri agar nanti akan lebih banyak lagi support.”
UKM-UKM kesenian se-Jember telah menghimpun diri dan memperkuat basis kesenian Jember. Inilah yang mendorong setiap kegiatan kesenian selalu mendapatkan penontonnya sendiri. “Kita sudah punya penonton sendiri. Ya, dari temen-temen UKM kesenian sendiri. Tapi semoga nanti dari acara ini akan memperluas segmentasi penikmat seni di Jember,” kata Wondy, salah satu panitia kegiatan ini.[cetar]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *