Sempurna

“ Manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT”
Kata-kata di atas sering di ucapkan oleh masyarakat khususnya di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Tetapi jika dilihat dari kata-kata tersebut sedikit seperti mengejek atau menghina ciptaan Allah. 
 
Mungkin memang maksudnya lebih kepada mengAgungkan Allah, hanya saja kata-katanya yang salah. Manusia itu memang memiliki kekurangan, tapi bukan berarti dengan adanya kekurangan itu manusia tidak sempurna. Karena setiap manusia selain memiliki kekurangan juga memiliki kelebihan. Tidak ada manusia yang hanya memiliki satu dari keduanya. Hal itu sudah menjadi satu kesatuan didalam diri manusia dan menjadikannya sempurna.

Molekul-molekul atau ion-ion yang ada di alam ini saja memiliki ikatan negatif dan positif. Ikatan tersebut menjadi satu kesatuan dan ketika semua molekul-molekul berkumpul menjadi satu, maka terbentuklah sebuah benda atau sesuatu yang dapat dilihat. Tanpa molekul itu, dunia ini terasa hampa. Jika molekul itu hanya memiliki ikatan negatif tanpa positif dan begitu pula sebaliknya, tidak bisa dibayangkan apa jadinya dunia ini yang selalu saling bertabrakan. 
 
Allah menciptakan alam sekaligus isinya dengan sempurna. Alam yang indah ini seperti tidak memiliki kecacatan. Kalaupun cacat, itu juga karena manusianya itu sendiri yang menimbulkan kerusakan pada alam ini. Karena Allah itu sempurna, maka semua yang Allah ciptakan pun pasti sempurna. 
 
Jika ada manusia yang cacat, walaupun dia tidak punya tangan atau kaki, dia masih memiliki mata yang bisa melihat semua ciptaan Allah yang indah ini. Kalaupun matanya tidak berfungsi, dia masih bisa mendengar semua hiruk pikuk di dunia ini dengan telinganya. Karena jika satu organ tidak berfungsi, pasti masih ada organ tubuh lainnya yang masih bisa berfungsi. Ketika semua organ tubuh manusia tidak berfungsi, itu disebut kematian. Tetapi hanya raga saja yang mati. Ruh atau jiwa yang dimiliki oleh setiap manusia tidak akan pernah mati dan itu pun dapat dikatakan sempurna. 
 
Jadi, di dunia ini tidak ada yang tidak sempurna termasuk manusia. Sebuah ciptaan pasti mengikuti sang pencipta, jika sang pencipta itu sempurna, maka hasil ciptaannya pun pasti sempurna.

 

“Semua manusia di dunia ini sempurna, karena Allah SWT sebagai sang pencipta itu sempurna.”[Sekar]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *