‘Three Idiot’ Ada di Universitas Jember

Berbicara soal “three idiot”, pasti kita akan teringat dengan film India yang dibintangi oleh Aamir Khan. Seperti yang kita tahu dalam film itu istilah “three idiot” bukanlah berarti ‘tiga orang bodoh’. Melainkan tiga orang pemuda yang memiliki keberanian untuk memulai hal baru dalam menentang stigma ilmu pengetahuan yang ada. 


Jika dalam film tersebut mereka memiliki Farhan Qureshi, Rastogi Raju, dan Rancchoddas “Rancho” Shyamaldas Chanchad. Maka Universitas Jember (UNEJ) juga memiliki “three idiot” serupa, walaupun perjuangan antara keduanya berbeda.

Melalui gerbang masuk utama yang bertuliskan ‘Universitas Jember’ dan menyusuri jalan panjang double way mengantarkan kita pada sebuah persimpangan yang membagi Universitas Jember menjadi dua bagian. Sayap kanan yang kita kenal adalah kawasan ilmu sosial, sedangkan sayap kiri adalah kawasan ilmu eksak. Di persimpangan itulah kita bisa melihat three idiotUniversitas Jember berdiri abadi. Berdiri disana tiga buah patung, dr. R. Achmad berdiri di tengah sedangkan R. Th. Soengedi dan R. M. Soerachman berdiri di sampingnya. 

Tentu saja three idiot yang dimaksudkan disini bukanlah tiga orang bodoh. Melainkan tiga orang manusia biasa yang mampu mengubah tanah kosong menjadi sebuah Universitas Maju yang bernama Universitas Tawang Alun dan yang sekarang kita kenal sebagai Universitas Jember.Mungkin ini bisa dijadikan sebuah inspirasi untuk pembuatan film Three Idiot versi UNEJ. Bisa jadi film ini nantinya bisa Go International mengalahkan Three Idiotyang diproduseri oleh Aamir Khan. [Dina]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *